HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL KELUARGA DENGAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA SAAT BERBICARA DI DEPAN UMUM

  • Dila Nur Aidah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Reni Nuryani
  • Sri Wulan Lindasari Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Dukungan Sosial Keluarga, Kecemasan, Mahasiswa

Abstract

Kecemasan mahasiswa saat berbicara di depan umum dapat mempengaruhi kinerja akademik dan perkembangan pribadi. Salah satu faktor yang mempengaruhi kecemasan ini adalah dukungan sosial keluarga, yang dapat memberikan rasa aman dan meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa dalam menghadapi situasi tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan sosial keluarga dengan tingkat kecemasan mahasiswa saat berbicara di depan umum di UPI Sumedang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis korelasional. Pengambilan sampel berjumlah 155 responden dilakukan dengan cara total sampling. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah Skala Perceived Social Support-Family (PSS-Fa) dan Skala Public Speaking Anxiety Scale (PSAS). Didapatkan hasil p kurang dari sama dengan .016 yang artinya p kurang dari α (0,05) yang menunjukkan adanya hubungan yang signifikan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat kecemasan mahasiswa saat berbicara di depan umum. Terdapat hubungan antara dukungan sosial keluarga dengan tingkat kecemasan mahasiswa saat berbicara di depan umum. Mahasiswa perlu meningkatkan kesadaran diri dan kepercayaan diri melalui konsultasi dengan dosen dan latihan teratur

References

Agustianisa, R. dkk. (2022). Hubungan Antara Dukungan Keluarga dengan Kecemasan pada Mahasiswa yang Sedang Mengerjakan Skripsi. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 10(2), 130. https://doi.org/10.30659/jikm.v10i2.14577

Astriyanti, D. dkk. (2023). Investigasi Tingkat Kecemasan Mahasiswa terhadap Empat Keterampilan dalam Bahasa Inggris. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2639-2647.

Daawi, M. M., & Nisa, W. I. (2021). Pengaruh Dukungan Sosial terhadap tingkat Stres dalam Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Psikodinamika - Jurnal Literasi Psikologi, 1(1), 67–75. https://doi.org/10.36636/psikodinamika.v1i1.556

Desti, A. dkk. (2023). Literature Review: Pengaruh Dukungan Sosial Terhadap Kesejahteraan Psikologis Pada Mahasiswa. Buletin Riset Psikologi Dan Kesehatan Mental, X, 1–6. https://repository.unair.ac.id/128560/%0Ahttps://repository.unair.ac.id/128560/1/Achmad Chusairi_111911133140_Alifa Desti H.P.pdf.

Fauziyah, F. K., & Ariati, J. (2015). Dukungan Sosial Teman Sebaya Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa S1 Tingkat Akhir. Jurnal EMPATI, 4(4), 255-261. https://doi.org/10.14710/empati.2015.14352

Fitri, D. (2017). Efektivitas Cognitive Behavior Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiwa. Jurnal Ilmiah Psikologi Gunadarma, 10(1), 65–73.

Hasanah, N., & Saugi, W. (2021). Fenomena Ketidakpercayaan Diri Mahasiswa IAIN Samarinda Ketika Berbicara di Depan umum. Borneo Journal of Islamic Education, I(1), 1–12.

Husna, A. dkk. (2022). Faktor-faktor yang berhubungan dengan kecemasan ibu hamil menghadapi persalinan di masa Pandemi Covid-19 di Wilayah Kerja Puskesmas Lampaseh kota Banda Aceh. Jurnal Real Riset, 4(3), 342–349. https://doi.org/10.47647/jrr

Ivon, G., dkk. (2014).Hubungan Adversity Quotient (AQ) Dengan Nilai OSCE Pada Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. JOM FK, 2(2); 1-10.

Kholisin, K. (2014). Kecemasan Berbicara Ditinjau Dari Konsep Diri Dan Kecerdasan Emosional. Jurnal Ilmu Dakwah, 34(1), 77. https://doi.org/10.21580/jid.v34i1.65

Kurniasih, R., & Nurjanah, S. (2020). Relationship Between Family Support with Anxiety of Death Among Elderly. Jurnal Keperawatan Jiwa, 8(4), 391. https://doi.org/10.26714/jkj.8.4.2020.391-400

Lestari, W., & Wulandari, D. A. (2021). Hubungan Antara Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Yang Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19 Semester Genap Tahun Ajaran 2019/2020. Psimphoni, 1(2), 93–98.

Nevid, J.S,Rathus, S.A & Greene (2005), Psikologi Abnormal Jilid I (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga

Nyoman, N. dkk (2018). Peran Dukungan Sosial Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Stres Akademik Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Angkatan 2018. 000, 164–173.

Pambudi, H. A. dkk (2020). Hubungan Dukungan Keluarga dengan Tingkat Stres Mahasiswa Keperawatan pada Penyusunan Karya Ilmiah. Journal Center of Research Publication in Midwifery and Nursing, 4(1), 24–28. https://doi.org/10.36474/caring.v4i1.174

Ramadhan, A. F. dkk. (2019). Perbedaan derajat kecemasan antara mahasiswa tahap akademik tingkat awal dengan tingkat akhir di Fakultas kedokteran. Medula, 9(1), 78–82.

Rengganawati, H. (2024). Kecemasan Dalam Berbicara Di Depan Umum Pada Kalangan Mahasiswa Berusia 17-22 Tahun. Indonesian Journal of Digital Public Relations (IJDPR), 2(2), 60. https://doi.org/10.25124/ijdpr.v2i2.6953

Rizkiana, D. dkk. (2021). Pengaruh Relaksasi Otot Terhadap Kecemasan. 4(2), 185–203.

Rizqi, F. D. N., & Ediati, A. (2020). Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Dalam Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Semester Akhir. Jurnal EMPATI, 8(4), 725–730. https://doi.org/10.14710/empati.2019.26516

Rusman, A. A., & Nasution, F. (2021). Deskripsi kecemasan berbicara di depan umum pada mahasiswa sebagai dampak dari pembelajaran daring. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 11(2), 230-235.

Salsabila, A. A. F. (2022). Hubungan Konsep Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Di Kota Makassar (Doctoral dissertation, Universitas Bosowa).

Sarafino, E. P., & Smith, T. W. (2011). Health psychology : Biopsychosocial interactions (7th ed.). United States of America: John Wiley & Sons.

Sitompul, E. dkk (2020). Dukungan Sosial Keluarga Dan Kecemasan Menghadapi Dunia Kerja Pada Mahasiswa Universitas. Biopsikososial: Jurnal Ilmiah Psikologi Fakultas Psikologi Universitas Mercubuana Jakarta, 4(2), 365. https://doi.org/10.22441/biopsikososial.v4i2.10230

Stevanny, S. M., & Laksmiwati, H. (2023). Gambaran Dukungan Sosial Orang Tua Yang Memiliki Anak Disabilitas Intelektual di SLB Kabupaten Bangkalan. Character Jurnal Penelitian Psikologi, 10(03), 597-608.

Winarno. (2020). Covid-19 Pelajaran Berharga Dari Sebuah Pandemi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Published
2025-09-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.