HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS TANJUNGSARI
Abstract
Rendahnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Tanjungsari pada triwulan pertama tahun 2024 menunjukkan skor 74,59, yang masuk kategori C dan berada di bawah rata-rata IKM kabupaten. Komunikasi efektif, yang meliputi unsur respect, empathy, audible, clarity, dan humble, dianggap berperan penting dalam meningkatkan persepsi pasien terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi efektif tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross-sectional. Responden terdiri dari pasien rawat inap atau keluarga pasien yang dipilih dengan teknik accidental sampling, dengan sampel sebanyak 68 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner komunikasi efektif dan kepuasan pasien yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik JASP dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara komunikasi efektif tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien, dengan nilai korelasi 0,23 dan p-value 0,049 kurang dari (0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa komunikasi efektif tenaga kesehatan memiliki dampak langsung terhadap kepuasan pasien dan dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Tanjungsari.
References
Anik Suwarni, & Mariyana, D. (2023). Hubungan Komunikasi Perawat Dalam Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Colomadu 1 Kabupaten Karanganyar. Edunomika, 2(1), 196–200.
Armstrong, M. J., Weisbrod, N. J., & Bylund, C. L. (2021). Strategies To Improve Clinician-Patient Communication Experiences For Patients With Neurologic Conditions. Neurology: Clinical Practice, 11(6), E896–E900. Https://Doi.Org/10.1212/Cpj.0000000000001091
Caesar, M. A. Al, Suratman, & Yogopriyatno, J. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. 4, 85–101. Https://Doi.Org/10.47753/Pjap.V4i2.121
Crawford, T., Candlin, S., & Roger, P. (2017). New Perspectives On Understanding Cultural Diversity In Nurse–Patient Communication. Collegian, 24(1), 63–69. Https://Doi.Org/10.1016/J.Colegn.2015.09.001
Doyle, C., Lennox, L., & Bell, D. (2013). A Systematic Review Of Evidence On The Links Between Patient Experience And Clinical Safety And Effectiveness. Bmj Open, 3(1). Https://Doi.Org/10.1136/Bmjopen-2012-001570
Firnanda, F., Puspitasari, S. C., & Arwani, M. (2022). Hubungan Komunikasi Yang Efektif Dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan Di Uptd Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 10(2), 82–90. Https://Doi.Org/10.47794/Jkhws.V10i2.444
Hamed, A., Alqarni, S., Hassan, T., Alomari, A., Ghaleb, M., Salman, A., Safar, S., Muhannad, A., Abed, M., Ali, A., Awad, M., & Ahmed, A. (2022). Exploring The Impact Of Effective Communication Strategies Between Nursing And Medical Secretarial Teams On Patient. 29(03), 753–762.
Jannah, M., Darmini, D., & Rochmayanti, D. (2017). Komunikasi Efektif Berperan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi. 13(2), 28–33.
Kementerian Kesehatan Ri. (2023). Survey Kepuasan Unit Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Iku Upk Triwulan 3 Tahun Anggaran 2023. Https://Upk.Kemkes.Go.Id/New/Survey-Kepuasan-Unit-Pelayanan-Kesehatan-Berdasarkan-Iku-Upk-Triwulan-3-Tahun-Anggaran-2023
Khairani, M., Salviana, D., & Abu Bakar. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau Dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.29080/Jpp.V12i1.520
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing-Management. Pearson. Https://Doi.Org/10.1515/9783486801125
Kwame, A., & Petrucka, P. M. (2021). A Literature-Based Study Of Patient-Centered Care And Communication In Nurse-Patient Interactions: Barriers, Facilitators, And The Way Forward. Bmc Nursing, 20(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.1186/S12912-021-00684-2
Nababan, H. H., Handini, M. C., & ... (2024). Ketidakpuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kualitatif Di Puskesmas Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022). Jurnal …, 8, 496–502. Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Ners/Article/View/23392
Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (3rd Ed.). Penerbit Salemba Medika.
Puspita, Z. P., Erawan, A. N., & Laelasari. (2023). Hubungan Komunikasi Efektif Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cilamaya Kabupaten Karawang Tahun 2023. Siakad.Stikesdhb, 1–5.
Qomariah, S. N., & Ari, L. U. (2020). Hubungan Faktor Komunikasi Dengan Insiden Keselamatan Pasien. Journals Of Ners Community, 06(02), 166–174.
Schoenthaler, A., William F. Chaplin, Allegrante, J. P., Fernandez, S., Diaz-Gloster, M., Tobin, J. N., & Ogedegbe, G. (2008). Provider Communication Effects Medication Adherence In Hypertensive African Americans. Bone, 23(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pec.208.09.018.Provider
Subroto, P., Muhammad Ilham Kurniawan Sahid Adam, Fajar, M., & Kurniawati. (2021). Pengaruh Komunikasi Efektif Pada Kepuasan Pasien Di Instalasi Fisioterapi Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 6(9).
Sularsih Endartiwi, S. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, November 2018, 105–112. Https://Doi.Org/10.34035/Jk.V11i1.427
Wijaya, S., Sukmato, E., & Wiyadi. (2023). Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Bougenvil Rsud Taman Husada Bontang. 3(4), 939–948.
Copyright (c) 2025 Yasinta Nurul Aini, Diding Kelana Setiadi, Rafika Rosyda

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.