HUBUNGAN KOMUNIKASI EFEKTIF TENAGA KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI PUSKESMAS TANJUNGSARI

  • Yasinta Nurul Aini Universitas Pendidikan Indonesia
  • Diding Kelana Setiadi
  • Rafika Rosyda Universitas Pendidikan Indonesia
Keywords: Komunikasi efektif, Kepuasan pasien, Pasien Rawat Inap

Abstract

Rendahnya Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) di Puskesmas Tanjungsari pada triwulan pertama tahun 2024 menunjukkan skor 74,59, yang masuk kategori C dan berada di bawah rata-rata IKM kabupaten. Komunikasi efektif, yang meliputi unsur respect, empathy, audible, clarity, dan humble, dianggap berperan penting dalam meningkatkan persepsi pasien terhadap layanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara komunikasi efektif tenaga kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di Puskesmas Tanjungsari. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain korelasional dan pendekatan cross-sectional. Responden terdiri dari pasien rawat inap atau keluarga pasien yang dipilih dengan teknik accidental sampling, dengan sampel sebanyak 68 orang. Instrumen penelitian berupa kuesioner komunikasi efektif dan kepuasan pasien yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data dilakukan menggunakan perangkat lunak statistik JASP dengan tingkat signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan hubungan positif yang signifikan antara komunikasi efektif tenaga kesehatan dengan kepuasan pasien, dengan nilai korelasi 0,23 dan p-value 0,049 kurang dari (0,05). Temuan ini mengindikasikan bahwa komunikasi efektif tenaga kesehatan memiliki dampak langsung terhadap kepuasan pasien dan dapat dijadikan dasar untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Puskesmas Tanjungsari.

References

Anik Suwarni, & Mariyana, D. (2023). Hubungan Komunikasi Perawat Dalam Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Colomadu 1 Kabupaten Karanganyar. Edunomika, 2(1), 196–200.

Armstrong, M. J., Weisbrod, N. J., & Bylund, C. L. (2021). Strategies To Improve Clinician-Patient Communication Experiences For Patients With Neurologic Conditions. Neurology: Clinical Practice, 11(6), E896–E900. Https://Doi.Org/10.1212/Cpj.0000000000001091

Caesar, M. A. Al, Suratman, & Yogopriyatno, J. (2023). Analisis Kepuasan Masyarakat Pada Tenaga Kesehatan Di Puskesmas Muara Bangkahulu Kota Bengkulu. 4, 85–101. Https://Doi.Org/10.47753/Pjap.V4i2.121

Crawford, T., Candlin, S., & Roger, P. (2017). New Perspectives On Understanding Cultural Diversity In Nurse–Patient Communication. Collegian, 24(1), 63–69. Https://Doi.Org/10.1016/J.Colegn.2015.09.001

Doyle, C., Lennox, L., & Bell, D. (2013). A Systematic Review Of Evidence On The Links Between Patient Experience And Clinical Safety And Effectiveness. Bmj Open, 3(1). Https://Doi.Org/10.1136/Bmjopen-2012-001570

Firnanda, F., Puspitasari, S. C., & Arwani, M. (2022). Hubungan Komunikasi Yang Efektif Dengan Kepuasan Pasien Instalasi Jalan Di Uptd Puskesmas Pandaan. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 10(2), 82–90. Https://Doi.Org/10.47794/Jkhws.V10i2.444

Hamed, A., Alqarni, S., Hassan, T., Alomari, A., Ghaleb, M., Salman, A., Safar, S., Muhannad, A., Abed, M., Ali, A., Awad, M., & Ahmed, A. (2022). Exploring The Impact Of Effective Communication Strategies Between Nursing And Medical Secretarial Teams On Patient. 29(03), 753–762.

Jannah, M., Darmini, D., & Rochmayanti, D. (2017). Komunikasi Efektif Berperan Dalam Meningkatkan Kepuasan Pasien Di Instalasi Radiologi. 13(2), 28–33.

Kementerian Kesehatan Ri. (2023). Survey Kepuasan Unit Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Iku Upk Triwulan 3 Tahun Anggaran 2023. Https://Upk.Kemkes.Go.Id/New/Survey-Kepuasan-Unit-Pelayanan-Kesehatan-Berdasarkan-Iku-Upk-Triwulan-3-Tahun-Anggaran-2023

Khairani, M., Salviana, D., & Abu Bakar. (2021). Kepuasan Pasien Ditinjau Dari Komunikasi Perawat-Pasien. Jurnal Penelitian Psikologi, 12(1), 9–17. Https://Doi.Org/10.29080/Jpp.V12i1.520

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. In Marketing-Management. Pearson. Https://Doi.Org/10.1515/9783486801125

Kwame, A., & Petrucka, P. M. (2021). A Literature-Based Study Of Patient-Centered Care And Communication In Nurse-Patient Interactions: Barriers, Facilitators, And The Way Forward. Bmc Nursing, 20(1), 1–10. Https://Doi.Org/10.1186/S12912-021-00684-2

Nababan, H. H., Handini, M. C., & ... (2024). Ketidakpuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan (Studi Kualitatif Di Puskesmas Siatas Barita Kabupaten Tapanuli Utara Tahun 2022). Jurnal …, 8, 496–502. Http://Journal.Universitaspahlawan.Ac.Id/Index.Php/Ners/Article/View/23392

Nursalam. (2014). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis (3rd Ed.). Penerbit Salemba Medika.

Puspita, Z. P., Erawan, A. N., & Laelasari. (2023). Hubungan Komunikasi Efektif Tenaga Kesehatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cilamaya Kabupaten Karawang Tahun 2023. Siakad.Stikesdhb, 1–5.

Qomariah, S. N., & Ari, L. U. (2020). Hubungan Faktor Komunikasi Dengan Insiden Keselamatan Pasien. Journals Of Ners Community, 06(02), 166–174.

Schoenthaler, A., William F. Chaplin, Allegrante, J. P., Fernandez, S., Diaz-Gloster, M., Tobin, J. N., & Ogedegbe, G. (2008). Provider Communication Effects Medication Adherence In Hypertensive African Americans. Bone, 23(1), 1–7. Https://Doi.Org/10.1016/J.Pec.208.09.018.Provider

Subroto, P., Muhammad Ilham Kurniawan Sahid Adam, Fajar, M., & Kurniawati. (2021). Pengaruh Komunikasi Efektif Pada Kepuasan Pasien Di Instalasi Fisioterapi Rsud Dr. H. Soemarno Sosroatmodjo Kuala Kapuas. 6(9).

Sularsih Endartiwi, S. (2020). Indeks Kepuasan Masyarakat (Ikm) Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Peserta Bpjs Kesehatan Di Puskesmas Yogyakarta. Jurnal Kesehatan Kusuma Husada, November 2018, 105–112. Https://Doi.Org/10.34035/Jk.V11i1.427

Wijaya, S., Sukmato, E., & Wiyadi. (2023). Komunikasi Interpersonal Perawat Dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Rawat Bougenvil Rsud Taman Husada Bontang. 3(4), 939–948.

Published
2025-09-01

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.