TINJAUAN LITERATUR SISTEMATIS: STRATEGI EFEKTIF MANAJEMEN KEPERAWATAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI RUMAH SAKIT
Abstract
Manajemen keperawatan adalah proses strategis yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit melalui perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peran manajemen keperawatan dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit dengan menggunakan pendekatan Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan panduan PRISMA. Artikel diperoleh dari Google Scholar dan PubMed dengan kata kunci "manajemen keperawatan", "kualitas pelayanan", dan "rumah sakit" pada publikasi tahun 2019–2024. Dari 17.668 artikel yang ditemukan, 9 artikel dipilih berdasarkan kriteria inklusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen keperawatan yang efektif dapat meningkatkan kepuasan pasien, keselamatan, dan efektivitas pelayanan melalui dukungan pelatihan staf, penerapan Total Quality Management (TQM), penggunaan sistem informasi manajemen, dan manajemen risiko. Namun, penelitian ini memiliki keterbatasan, seperti jumlah artikel yang terbatas, variasi metodologi antarartikel, serta perbedaan konteks yang dapat memengaruhi generalisasi hasil. Kesimpulannya, manajemen keperawatan yang strategis dan efektif merupakan kunci dalam meningkatkan kualitas pelayanan rumah sakit melalui penerapan TQM, pengelolaan risiko, dan pemenuhan rasio tenaga medis yang ideal.
References
Adiyanta, F. S. (2020). Urgensi Kebijakan Jaminan Kesehatan Semesta (Universal Health Coverage) bagi Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19. Administrative Law and Governance Journal, 3(2), 272-299. https://doi.org/10.14710/alj.v3i2.272-299
Ananda, R., Damayanti, R., Maharja, R., & Kesehatan, F. I. (2023). Tingkat Kepuasan Masyarakat terhadap Kinerja Pelayanan Kesehatan Level of Public Satisfaction with Performance Health services. 4(1), 9–17. https://doi.org/10.36590/v4i1.570
Ardian, I., Haiya, N. N., & Azizah, I. R. (2022). Kualitas pelayanan keperawatan meningkatkan kepuasan dan loyalitas pasien. NURSCOPE: Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ilmiah Keperawatan, 7(2), 86. https://doi.org/10.30659/nurscope.7.2.86-96
Asmaningrum, N., Dodi, W., Andiana, A., & Purwandari, R. (2023). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. In Litmus (Vol. 1, Issue April).
Azhar Jaya. 2023. “Pengembangan Telemedicine Guna Mendukung Pelayanan Kesehatan Masyarakat.” Lib.Lemhannas.Go.Id.
Budo, A., Tulusan, F., & Tampi, G. B. (2020). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Di Rumah Sakit Pancaran Kasih Manado. Jurnal Administrasi Publik, 6(94), 1–13. https://doi.org/29820
Farrasoya, M., Hariyanto, E., Astuti, H. J., & Amir, A. (2023). Intervensi Komitmen Dalam Memperkuat Pengaruh Pelatihan, Supervisi dan Lingkungan Terhadap Kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 7(2), 86–97. https://doi.org/10.31294/widyacipta.v7i2.15329
Gulo, A. R. B., Saragih, M., & Syapitri, H. (2024). Peningkatan Kualitas Pelayanan Keperawatan Melalui Penerapan Manajemen Konflik. Jurnal Abdimas Mutiara, 5(1), 43-50.
Gunardi, S. (2021). Resosialisasi Dokumentasi Asuhan Keperawatan dalam Usaha Peningkatan Pengetahuan Perawat Pelaksana di Ruang R RS X Jakarta. Journal of Management Nursing, 1(01), 1-9. https://doi.org/10.53801/jmn.v1i01.11
Gungnaidi, A., & Assyahri, W. (2024). Pelaksanaan Manajemen Patient Safety dalam Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora (Isora, 2(1), 1–8.
Habibi, A. H., Hakim, F. H., & Azizi, F. S. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Minat Kunjungan Ulang Rawat Jalan Di Rsia Pku Muhammadiyah Cipondoh. Jurnal JKFT, 4(2), 11. https://doi.org/10.31000/jkft.v4i2.2411
Hanoum, F. C., Kosasih, F. G., & Safariningsih, R. T. H. (2022). Penerapan Total Quality Management (TQM) dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Rumah Sakit. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 4(3), 804–815. https://doi.org/10.47467/reslaj.v4i3.950
Husnah, R. A. (2019). Akreditas Sebagai Upaya Peningkatan Mutu Pelayanan Rumah Sakit. https://doi.org/10.31227/osf.io/3sz9f
Kartika, I. R., Syofia, A., & Dewi, R. (2022). Studi Deskriptif Pelaksanaan Manajemen Dan Indikator Mutu Keperawatan Di Ruang Rawat Inap Rsud M. Natsir Solok. Human Care Journal, 7(2), 351-358. http://dx.doi.org/10.32883/hcj.v7i2.1704
Ningsih, N. S., & Endang Marlina. (2020). Pengetahuan Penerapan Keselamatan Pasien (Patient Safety) Pada Petugas Kesehatan. Jurnal Kesehatan, 9(1), 59–71. https://doi.org/10.37048/kesehatan.v9i1.120
Nur’aeni, R., Simanjorang, A., & . J. (2020). Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Izza Karawang. Journal of Healthcare Technology and Medicine, 6(2), 1097. https://doi.org/10.33143/jhtm.v6i2.1152
Meirawaty, G., & Yudianto, K. (2019). Field Experience: Manajemen Strategis pada Proses Manajemen Keperawatan. Media Karya Kesehatan, 2(2).
Mongi, T. O. (2021). Hubungan Fungsi Pengarahan Kepala Ruangan dengan Pelaksanaan Dokumentasi Asuhan Keperawatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Diagnosis, 16(4), 173–179. http://dx.doi.org/10.58258/jisip.v1i2.356
Pratiwi, Margareta. (2019). “Merencanakan , Dan Mempengaruhi Upaya Menggerakkan Perawat Dalam Lingkup Wewenangnya.” Scientia Journal 8(1):48–57.
Rahmayani, A., Rohendi, A., & Andriani, R. (2024). Optimalisasi Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (Simrs) Untuk Meningkatkan Integrasi Antar Departemen Dalam Pelayanan Inap: Studi Kasus Di Rumah Sakit Ibu & Anak Melinda Bandung. Journal Of Economic, Bussines And Accounting (Costing), 7(6), 5531-5538. Https://Doi.Org/10.31539/Costing.V7i6.12831
Simamora, R. H., Purba, J., Karota, E & Nurbaiti. (2019). Penguatan Peran Perawat Dalam Pelaksanaan Asuhan Keperawatan Melalui Pelatihan Layanan Prima. JPPM (Jurnal Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat). https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.2940
Situmeang, W. Y., Pinandhika, M. S., Chain, V., Lestari, P., Hariyati, R. T. S., & Handiyani, H. (2023). Studi Kasus: Perencanaan Strategis Sistem Informasi Manajemen Keperawatan Di Rumah Sakit Wilayah Kota Depok. Indones J Nurs Sci, 3(1), 16-21. https://doi.org/10.53801/jmn.v3i1.147
Seniwati, Ita, Anugrahwati, R., Silitonga, J. M., Hutagenol, R., Gunawan, D., Stella, S., Dherlirona, Kamilah, L., Anisah, S., & Solehudin. (2022). Buku Ajar Manajemen Keperawatan. CV. Seniks Muda Sejahtera
Syam, A. D., & Sukihananto. (2019). Manfaat dan hambatan dalam pelaksanaan sistem Informasi Keperawatan. Jurnal Keperawatan MUhammadiyah, 3, 156–164. https://doi.org/10.30651/jkm.v4i2.2203
Talib, A. S., Syukur, S. B., Syamsudin, F., Studi, P., Keperawatan, I., Gorontalo, U. M., & Gorontalo, K. (2023). Peran Perawat dalam Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Otanaha Gorontalo. Journal of Educational Innovation and Public Health, 1(2), 91–101. https://doi.org/10.31539/jks.v5i1.2587
Tjiphanata, R. (2024). Analisis Penerapan Manajemen Mutu Terpadu Di Rumah Sakit Umum Daerah Maria Walanda Maramis. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 12(01), 521–531. https://doi.org/10.35794/emba.v12i01.53893
Tuasikal, H., Embuai, S., & Siauta, M. (2020). Buku Ajar Manajemen Keperawatan: Teori dan Konsep Dalam Keperawatan (Vol. 59). Desanta Muliavisitama
Wartiningsih, M., & Setyawan, F. E. B. (2023). Analisis kepuasan dan loyalitas pasien di Rumah Sakit Kristen Mojowarno. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS. Dr. Soetomo, 9(1), 196-208. https://doi.org/10.29241/jmk.v9i1.1440
Copyright (c) 2025 Heri Ridwan, Rindi Audyta, Karina Rizkia Afrillianti, Novi Hera Ardila, Oky Ashari, Subhan Manggala Putra, Yudha Munajat Saputra

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.