PENGARUH RESPONS TIME PERAWAT DENGAN PATIENT OUTCOMES DI IGD
Abstract
Setiap fasilitas pelayanan kesehatan memiliki unit gawat darurat, di mana layanan yang diberikan bersifat segera, yaitu cepat, tepat, dan cermat. Waktu tanggap perawat adalah jumlah waktu tunggu atau waktu tanggap sejak pasien tiba di pintu rumah sakit hingga mendapatkan respon atau tanggapan dari petugas unit gawat darurat. Dengan kata lain, waktu yang dibutuhkan pasien untuk menyelesaikan penanganan di IGD harus diselesaikan dengan cepat dan tepat karena penanganan yang cepat akan menurunkan angka kematian sebesar 30%. Literature review ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh response time (waktu tanggap) perawat terhadap berbagai patient outcomes, termasuk kepuasan, keselamatan pasien, tingkat kecemasan, lama rawat inap, dan ketepatan triase di IGD. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur sistematis (SLR) yang dipandu oleh metode PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Reviews and Meta-analyses), proses seleksi melalui Google Scholar mengidentifikasi 14 artikel yang relevan dari total 10.700 artikel yang sebelum memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi tertentu. Penelitian literature review ini menunjukkan bahwa waktu respons yang lebih cepat di UGD memberikan dapat yang baik terhadap kepuasan pasien yang lebih tinggi, berkurangnya kecemasan pada pasien dan keluarganya, masa rawat inap yang lebih singkat, dan peningkatan akurasi triase. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa waktu respon perawat di Instalasi Gawat Darurat (IGD) memiliki pengaruh yang signifikan terhadap patient outcomes.
References
Abidah, N. Z., & Eka, D. J. (n.d.). The Relationship Between Response Time and The Effect of Hospitalization on Preschoolers. 88–94.
Akbar, Gandini, A. L. A., & Setiani, D. (2023). The Relationship between Service Response Time and Waiting Time for Transfer of IGD Patients to Inpatients with Patient Satisfaction. Asian Journal of Healthcare Analytics, 2(1), 181–192. https://doi.org/10.55927/ajha.v2i1.4171
Baiq Yuliatri Kusumardani, Siti Farida Noor Layla, & Yenny Puspitasari. (2024). The Effect of Emergency Level and Response Time on Patients’ Length of Stay in the Emergency Room of Muhammadiyah Hospital Kediri. Journal Of Nursing Practice, 7(2), 314–324. https://doi.org/10.30994/jnp.v7i2.572
Darotin, R., & Linafatul, Z. (n.d.). CORRELATION RESPONSE TIME TRIAGE AND LENGTH OF STAY IN HEAD INJURED PATIENTS IN THE EMERGENCY ROOM OF RSD DR . SOEBANDI. 121–129. https://doi.org/10.24990/injec.v9i1.625
Dwi, R., Hakim, U., & Andarini, S. (2021). Peningkatan Waktu Tanggap dan Ketepatan Triage dengan Pengaturan Ulang Sistem dan Tata Ruang di Instalasi Gawat Darurat ( IGD ) Rumah Sakit. Jurnal Kedokteran Brawaijaya.
Gorat, G., & Rantung2, J. (2024). Hubungan Response Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Bpjs Di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1), 16102–16111. https://doi.org/10.32660/jurnal.v5i1.330
Hamid, M. A. R. K. C. S. M. A. (2024). HUBUNGAN RESPONSE TIME PERAWAT DENGAN TINGKAT KECEMASAN KELUARGA PASIEN KATEGORI TRIAGE KUNING DI IGD RUMAH SAKIT DAERAH BALUNG. Journal GEEJ, 7(2), 352–359.
Hardianto, Wiyadi, & Hesti Prawita Widiastuti. (2023). Relationship between Nurse Response Time and Accuracy of Triage in the Emergency Room. Formosa Journal of Applied Sciences, 2(5), 785–804. https://doi.org/10.55927/fjas.v2i5.3991
Hariyanto, S., Hanum Pertiwi, D., & Kurniawati. (2024). Hubungan Response Time dengan Kepuasan Pasien di IGD RSU Al-Ittihad Blitar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah , 9(1), 155–161.
Hidayat, N., Ahsan, A., Rahayu, M., & Lestari, R. (2020). Response time, waiting time and service quality in emergency department. International Journal of Public Health Science, 9(3), 199–204. https://doi.org/10.11591/ijphs.v9i3.20435
Makangiras, S., Suranata, F. M., & Takahepis, N. F. (2024). Hubungan Respon Time Perawat Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Bhayangkara Tk . III Manado. Jurnal Riset Ilmu Farmasi Dan Kesehatan, 2(1).
Meri, D., Amin, S., & Susianti, R. (2020). Response Time of Nurses With Complaint Handling From the Families of Traffic Accident Patients At the Emergency Installation At the Dumai City Hospital in. Response Time of Nurse with Complaint Handling from the Families of Traffic Accident Patients at the Emergency Installation at the Dumai City Hospital in 2020.
Mulyanto, T. G., Apriliyani, I., & Sumarni, T. (2022). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Gawat dan Darurat di IGD RS Emanuel Kabupaten Banjarnegara. Jurnal Pengabdian Mandiri, 1(10), 1847–1856. https://bajangjournal.com/index.php/JPM/article/view/3725/2737
Maatilu, V., Mulyadi, N., & Malara, R. (2020) . Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Response Time Perawat pada Penanganan Pasien Gawat Darurat di IGD RSUP Prof. Dr. RD Kandou Manado. Jurnal Keperawatan, 2(2).
Nurdelima, D., Prayasta, P. P., & Gunawan, E. G. (2021). Hubungan Respon Time dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Cipedes. Cerdika: Jurnal Ilmiah Indonesia, 1(8), 927–932. https://doi.org/10.36418/cerdika.v1i8.160
Rahmania Ambarika, Putri Mayasari, & Novita Ana Anggraini. (2024). The Relationship of Nurses Response Time With Family Anxiety of Ed Patients Based on Triage at RSU Muslimat Ponorogo. Journal of Global Research in Public Health, 9(1), 35–43. https://doi.org/10.30994/jgrph.v9i1.501
Rahmawati, I., Fernalia, & Munawar, A. (2022). HUBUNGAN RESPON TIME PERAWAT DENGAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN DI RUANG TRIAGE : LITERATUR REVIEW The Relationship Between Nurse Response Time with Patient Family
Sari, A. M., & Kusnanto, K. (2024). the Relationship Between Triage Accuracy and Service Response Time in the Emergency Room (Igd) At Rsia Bunda Jakarta in 2023. Hearty, 12(1), 149–154. https://doi.org/10.32832/hearty.v12i1.16236
Setiawati, Y., Kusumaningtyas, M. H., & D’Arqom, A. (2022). The Response Time of Trauma and non Trauma Patients Handling in Emergency Room Surabaya. Medical and Health Science Journal, 6(1), 1–6. https://doi.org/10.33086/mhsj.v6i1.2154
Simandalahi, T., Morika, H. D., Sartiwi, W., & Sari Dewi, R. I. (2019). Hubungan Response Time Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Puskesmas. Jurnal Kesehatan Mesencephalon, 5(2). https://doi.org/10.36053/mesencephalon.v5i2.114
Sinurat, S., Perangin-angin, I. H., & Sepuh, J. C. L. (2019). Hubungan response time perawat dengan tingkat kepuasan pasien BPJS di Instalasi Gawat Darurat. Jurnal Penelitian Keperawatan, 5(1).
Situmorang, M. L. (2024). Application Of Nurse Response Time In The Implementation Of Emergency Management Priority Determination On Accident Patients In Porsea Hospital. International Journal of Health Engineering and Technology, 3(1), 236–239. https://doi.org/10.55227/ijhet.v2i6.200
Suparyani, S., Suangga, F., & Natalia, S. (2023). Hubungan Waktu Tanggap Dengan Tingkat Kecemasan Keluarga Pasien Dengan Triase Merah Dan Kuning Di IGD RSUD Kota Tanjungpinang. An-Najat, 1(4), 184-197
Yurnalis, E., & Mendrofa, H. K. (2021). Pengaruh Respon Time Perawat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Pelayanan Pasien di Ruang IGD Rumah Sakit Aminah Kota Tangerang. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 1(4), 404-410.
Yulianto, M. (2024). Pengaruh Faktor Individu, Psikologis, dan Organisasi Terhadap Kinerja Perawat Di RSUD H. Abdurrahman Sayoeti Kota Jambi Tahun 2024 (Doctoral dissertation, Universitas Jambi). Akbar, Gandini, A. L. A., & Setiani, D. (2023). The Relationship between Service Response Time and Waiting Time for Transfer of IGD Patients to Inpatients with Patient Satisfaction. Asian Journal of Healthcare Analytics, 2(1), 181–192. https://doi.org/10.55927/ajha.v2i1.4171
Copyright (c) 2025 Heri Ridwan , R.Dhiya Azka Indallah, Yudha Munajat Saputra, Andri Nur Permadi, Heraz Nur Azizah , Rizka Salsabila, Yasinta Nurul Aini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.